Sabtu, 28 Desember 2013

Manfaat streptomyces sebagai obat anti kanker

Streptomyces sp  adalah bakteri gram positif yang menghasilkan spora yang biasanya berhabitat di tanah dan berfungsi sebagai pengurai sisa-sisa makhluk hidup. Streptomyces bertanggung jawab pada metabolisme banyak senyawa berbeda meliputi gula, alkohol, asam amino dan senyawa aromatik dengan memproduksi enzim hidrolitik ekstraseluler. Streptomyces juga berperan penting dalam kesehatan dan industri karena Streptomyces mensintesis antibiotik. Lebih dari 50 antibiotik diisolasi dari spesies Streptomyces (Anonimus, 2010).
genus utama dari streptomyces miselia Actinobacteria ini adalah berbagai kelompok bakteri tanah yang menghasilkan udara serta miselia substrat. hifa, atau filamen, dari miselia aerial membedakan untuk membentuk konidiospora aseksual. spora genus ini terbentuk dalam rantai di ujung hifa udara.
perbedaan spesies ini didasarkan  sebagian dari morfologi spora. misalnya, beberapa memiliki kutil atau penampilan berduri, sedangkan yang lain halus. Perbedaan fisiologis ini sangat penting bagi produksi utama antibiotik. Kelompok ini terkenal karena antibiotik komersial penting yang mereka hasilkan termasuk streptomisin, kloramfenikol, dan tetrasiklin. sekitar setengah dari antibiotik yang diproduksi secara komersial berasal dari genus ini. Di samping itu, mereka adalah sumber dari obat antikanker yang digunakan dalam kemoterapi. Antibiotik yang dihasilkan oleh Streptomyces sangat banyak, antara lain neomisin dan kloramfeniko.
Banyak antibiotik yang paling penting yang digunakan di rumah sakit di seluruh dunia berasal dari bakteri Streptomyces . Mereka dihargai oleh para ilmuwan karena mereka menghasilkan berbagai ' metabolit sekunder ' bahan kimia yang membantu bakteri makmur dengan menghambat mikroba saingan . Penemuan terbaru menunjukkan bahwa Streptomyces juga bisa menjadi sumber antibiotik baru diperlukan untuk melawan MRSA dan 'super - bug ' infeksi lain yang resisten terhadap obat-obatan yang sering digunakan. Serta kelas baru antibiotik , metabolit lain dari Streptomyces juga dapat digunakan sebagai obat anti - kanker dan imunosupresan. Bakteri yang digunakan untuk membuat agen antikanker dapat memberikan sumber tambahan senyawa timbal untuk industri farmasi , kata para peneliti Eropa . Barrie Wilkinson dari Biotica , sebuah perusahaan bioteknologi Inggris , dan rekan kerja telah menggunakan strain rekayasa genetika dari bakteri Streptomyces untuk menghasilkan senyawa yang selektif menghambat pertumbuhan sel kanker manusia .
Pada tahun 1944 Waksman mengisolasi antibiotik baru dari Streptomyces Streptomyces merupakan bakteri yang dapat menghasilkan streptomisin dan S.fradiae menghasilkan antibiotic neomisin. obat ini mempunyai efek anti tuberkulosis pada binatang percobaan dan kemudian digunakan sebagai Obat Anti Tuberkulosis yang pertama pada manusia. Selain menghasilkan streptomisin dan S.fradiae bakteri ini juga menghasilkan enzim proteoliti yang dimana enzim ini dapat digunakan untuk penyamak kulit, penyamakan merupakan proses untuk mengubah kulit hewan(sapi, kambing) menjadi kulit yang lembut sehingga dapat di gunakan untuk membuat sepatu dan tas.
Selain itu Streptomycetes merupakan peranan penting dalam proses penguraian dari bahan organik terutama dalam hal pengomposan. Beberapa spesies dari streptomyces terlibat dalam sebuah hubungan simbiotik dengan genus attini ants. Attini ants merupakan bakteri yang berfungsi sebagai perkembangbiakan jamur dengan bakteri ini maka akan mempermudah untuk mengembiakan jamur. Sedangkan fungsi dari streptomyces adalah untuk memproduksi toxin yang digunkan untuk memlihara agar jamur tesebut tidak ditumbuhi rumput.
 
            DAFTAR PUSTAKA
Kieser, T.,Bibb, M.J.,Buttner, M.J., Chater, K.F. & Hopwood, D.A.Practical  Streptomyces Genetics. Norwich, UK: John Innes Foundation.2000
 

26 komentar:

  1. artikelnya bagus ,, menarik buat di baca .,, menurut blog unalea.blogspot.com/2009/03/bakteri-streptomyces-griseus.html S.griseus merupakan jenis alkaliphilic, organisme ini dapat tumbuh diberbagai pH( 5- 11), tetapi pertumbuhan optimal dari bakteri ini ada pada temperature 25-35 C dan pada pH 9. S.griseus mempunyai peptinogen yang tebal, lipid, Spura rantai yang Reflexible,Memiliki spora pada subtract mycelium,Sebagai pemanfaatan garam sitrat, Dan dapat memproduksi obat anti kanker Streptocin.

    BalasHapus
  2. waw...,subhanallah ya, bakteri bisa mengobati kanker, saya setuju dengan artikel ini bahwa Streptomyces berperan penting dalam kesehatan dan industri karena Streptomyces mensintesis antibiotik. saya juga baca di http://jurnal.unsyiah.ac.id/JKH/article/download/925/861, bahwa Streptomyces merupakan salah satu sumber baru untuk pencarian senyawa bahan alam bioaktif dan juga telah banyak digunakan sebagai bahan obat dan bahan kimia pertanian (Williams et al., 1983; Elleuch et al., 2010). Streptomisin merupakan salah satu contoh bahan bioaktif yang diisolasi dari genus Streptomyces yang kemudian dipakai untuk pengobatan penyakit tuberculosis (TBC) (Buss dan Butler, 2010). Selain itu, Sayuti et al. (2012) juga telah melaporkan penggunaan kombinasi antibiotik dan prostaglandin untuk terapi percepatan pengeluaran leleran pada sapi.

    BalasHapus
  3. Saya setuju dengan pendatap saudari mukhti ayuni diatas ternyata banyak manfaatnya, apa bakteri ini digunakan juga dalam pengobatan kemotherapi pengobatan untuk orang yang mengidap kanker, tapi sejauh ini saya hanya mengetahui bakteri ini hanya bakteri yang merugikan ternyata saya salah ohiya disini juga saya penasaran terhadap komentar dari saudari resti mengenai "mempunyai peptinogen yang tebal, lipid, Spura rantai yang Reflexible,Memiliki spora pada subtract mycelium,Sebagai pemanfaatan garam sitrat," semua kalimat-kalimat ini baru saya dengar dan sepertinya tidak familiar, hmm mungkin anda sebagai penulis artikel bisa menjelaskan saya mengenai kalimat-kalimat itu hehehe tapi sejauh ini artikel anda memancing rasa keingin tahuan saya mengenai bakteri yang berasal dair genus Streptomyces ini :)

    BalasHapus
  4. lagi-lagi saya harus berkata Subhanallah.. karena Allah menciptakan sesuatu walaupun tidak kasat mata ternyata byk manfaat untuk manusia. untuk itulah kita harus banyak belajar Allah menciptakan langit dan bumi ini untuk orng2 yg berpikir,

    BalasHapus
  5. ermaya artikelnya menarik, ohiya saya ingin menambahkan nih tentang keberadaan Streptomyces.
    Streptomyces dapat ditemukan sekitar 70%-90% dalam tanah di daerah rizhosfer dibandingkan dengan jenis aktinomiset yang lain. Hal itu berdasarkan dari sifatnya yang aerobic sehingga sporulasi terjadi hanya pada media agar atau media yang padat lainnya (El Tarabily et al. 2006; Madigan & Martinko 2006).

    Sumber : http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/4626/Tinjauan%20Pustaka_2009jul-3.pdf?sequence=9

    BalasHapus
  6. haii mba maeee artikelmu menarik yaa tentang peran bakteri Streptomyces ini yaa :) . oh iya saya mau nambahin pengetahuan tentang bakteri ini tau gaa siapa yang menyebabkan bau tanah yang khas? nah ini dia karena bakteri tersebut menghasilkan senyawa volatil yaitu Geosmin yang memiliki bau khas pada tanah.
    selain itu juga bakteri ini bakteri ini juga dapat ditemukan pada tumbuhan yang membusuk.
    dan saya dapatlan info ini dari sini http://id.wikipedia.org/wiki/Streptomyces

    terimakasih maee semoga mae juga bisa menjadi ibu guru yang sholehah aamiin :)

    BalasHapus
  7. Assalamualaikum ermaya, artikelnya sangat menaatang ya. sebagai tambahan saja dari yang saya baca di http://ojs.unud.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/5496 bakteri Streptomyces sp dapat menghambat penyebab penyakit busuk rebah pada tanaman lidah buaya (Aloe barbadensis)

    BalasHapus
  8. Setuju dengan penulis , ada salah satu spesies Stroptomyces, yakni Streptomyces platensis , yaitu bakteri yang menghasilkan platensimycin yang dapat penghambat dengan efektif aktivitas bakteri patogen pada manusia. bakteri ini menadi antibiotik dengan menghambat biosintesis asam lemak yang dibutuhkan untuk membentuk membran sel bakteri gram positif.

    Sumber : http://bioweb.uwlax.edu/bio203/s2008/talhouar_gael/

    BalasHapus
  9. setuju sekali dengan penulis dan apa yang diutarakan oleh saudari dhuhana bahwa spesies bakteri ini meiliki manfaat pada bidang kesehatan http://d5d.org/pengertian-streptomyces terimakasih atas informasi barunya mae :)

    BalasHapus
  10. assalamualaikum, mba mae..
    Subhanallah yaa, bakteri juga bisa jadi obat untuk antikanker. Berarti kalo lagi ga punya uang kita bawa ini aja ya *loh apasih jayus.
    Ini mba me, aku juga dapet informasi bahwa bakteri ini juga menghasilkan enzim proteoliti yang dimana enzim ini dapat digunakan untuk penyamak kulit, penyamakan merupakan proses untuk mengubah kulit hewan(sapi, kambing) menjadi kulit yang lembut sehingga dapat di gunakan untuk membuat sepatu dan tas.
    Referensi : http://unalea.blogspot.com/2009/03/bakteri-streptomyces-griseus.html

    BalasHapus
  11. Subhanallah bakteri ini sangat baik sekali..semoga ditemukan lagi bakteri yang lebih hebat yaa untuk penyembuhan kanker :) Terimakasih artikelnya mba mae ini sangat memberi pengetahuan sekali saya setuju juga dengan pendapat dan tambahan teman-teman diatas :) terimakasih

    BalasHapus
  12. Terimakasih Ermaya dan temen-teman yang telah berkomentar dapat menambah wawasan saya tentang streptomyces yang sangat berperan dalam dunia kesehatan khususnya yang dibahas disini tentang kanker, yang sebagai salah satu penyakit mematikan di dunia. mau menambahkan saja ada S. avermitilis bertanggung jawab untuk produksi salah satu obat (obat anti parasit) yang paling banyak digunakan terhadap nematoda dan infestasi arthropoda, ivermectin.

    BalasHapus
  13. Ya, memang diketahui pula dewasa ini Streptomyces adalah sumber utama antibiotik yang digunakan dalam bidang kesehatan. Pada akhir 1972 saja, bakteri dari genus Streptomyces ini telah menghasilkan 2.078 jenis antibiotik (Betina, 1983).

    Selain sebagai penghasil antibiotik, Streptomyces biasanya juga hidup di tanah dan berperan sebagai dekomposer yang penting. Dan karena Streptomyces ini mendiami tanah, sebagian dari mereka juga bisa menjadi patogen yang terkenal menyerang akar sayuran seperti kentang, bit, lobak, wortel, dan ubi. Penyakit yang paling sering ditemukan akibat ulah Streptomyces ini adalah penyakit SCAB atau kudis pada kentang. Penyakit ini memang tidak mempengaruhi bagian daging dari kentang akan tetapi, membuat kulit luar kentang menjadi cacat dan mengurangi harga jual kentang.

    Sumber:
    http://microbewiki.kenyon.edu/index.php/Streptomyces

    BalasHapus
  14. setuju mba maya.. spesies bakteri satu ini lbh familiar d dunia farmasi, salah satunya sbgai obat anti kanker dan bbrpa jenis antibiotik yg dihasilkannyaa..
    Terima ksh mba infonya, smg brmanfaat ^^
    http://id.wikipedia.org/wiki/Streptomyces

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum mae. What's up bro ? :p
    Artikelnya bagus, menambah wawasan. Saya mau nambahin tentang peranannya boleh yaaaa ? Haha
    Oke sebagaimana yang telah saya baca di http://organikhijau.com/pupuk.php bakteri ini juga berfungsi sebagai penghasil antibiotik, vitamin, enzim dan antioksidan.
    Streptomyces sp ini merupakan bakteri selulolitik, bakteri ini berfungsi mendegradasi selulosa yang berasal dari jerami, daun-daun atau bahan-bahan organik lain. Hasil dari pendegradasian tersebut, akan mendapatkan K dan unsur lain. Terima kasih :)

    BalasHapus
  16. Assalamualaikum setelah membaca artikel ini saya jadi tertarik selain jenis streptomyces yang telah di jelaskan di artikelnya, saya juga ingin menambahkan spesies streptomyces dan fungsinya
    1. Streptomyces griceus, menghasilkan antibiotik streptomisin (membunuh bakteri penyebab TBC).
    2. Streptomvces aureofaciens, menghasilkan antibiotik aureomisin.
    3. Streptomyces olivaceus, untuk menghasilkan sianokobalamin vitamin B12.
    refrensinya di dapat dari
    http://www.smallcrab.com/kesehatan/1013-peranan-bakteri-dalam-kehidupan . Selain itu artikel ini juga menambah pengetahuan saya tentang fungsi bakteri dunia medis , Thanks:)

    BalasHapus
  17. assalamualaikum ermaya,saya hanya ingin berbagi informasi saja dari apa yang telah saya baca bahwasanya bakteri Streptomyces dapat dimanfaatkan sebagai Agen Pengendali Hayati Mikroba pantogen pada Tanaman Tomat loh.
    referensinya lebih jelas bisa dibaca di : http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/59200/G10asa1.pdf?sequence=1

    BalasHapus
  18. assalam mba ermaya, artikel kamu sangat bagus mudah difahami, menambah pengetahuan tentang manfaat dan kerugian dari bakteri nya. subhanallah ciptaan Allah itu

    BalasHapus
  19. Assalamuallaikum mae, artikelnya bagus sekali.. menambah pengetahuan saya.. ternyata golongan Streptomyces ini sangat bermanfaat sekali yah sebagai antibiotik dan juga obat anti kanker kemudian juga berguna dalam pengomposan, selain itu banyak sekali manfaat lain dari golongan tersebut seperti yang dikatakan oleh saudara Fakhrur.. trimakasih atas informasinya..

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum..
    setelah membaca artikel ini serta beberapa tambahan dari teman2, jadi saya dapat menyimpulkan ternyata bakteri ini mempunyai banyak manfaat ya.. bagus artikelnya menambah pengetahuan bagi para pembacanya :)
    Thanks

    BalasHapus
  21. Asalamualaikum kk mae. artikelny bagus, menarik, di sertai gambar jadi lebih jelas :) . wah sangat berlawanan sekali ya dengan pemikiran kita dulu sebelum belajar mikrobiologi, kita beranggapan bahwa yang namanya bakteri itu pasti merugikan, buat penyakit dll. ternyata, ada bakteri yang bermanfaat juga untuk kesehatan. trimakasih ya kk mae artikelnya menambah wawasan saya :)

    BalasHapus
  22. Hai mae.. wah anti kanker yah? jadi penasaran apakah bakteri ini juga bisa mengatasi dan menyembuhkan kanker?

    BalasHapus
  23. artikel mu udh cukup baik, dapet aq simpulkan bahwa streptomyces berfungsi untuk memproduksi toxin yang digunakan untuk memelihara agar jamur tesebut tidak ditumbuhi rumput, berfungsi pula Sebagai pemanfaatan garam sitrat, Dan dapat memproduksi obat anti kanker Streptocin, dan tentunya bermanfaat ya si bakteri ini.

    BalasHapus
  24. mae makasih banyak infonya dan bikin aku penasaran tenatang bakteri ini soalnya berhubungan dengan kanker hehehee klo ada info lagi kirim"yaaa me :)

    BalasHapus
  25. Artikel yang bagus dan menarik. Setelah membaca artikel, komentar dan rferensi tambahan dari temen temen saya mendapat wawasan baru untuk peran positif dari bakteri Streptomyces sp, yakni berperan dalam bidang kedokteran dan kesehatan.

    BalasHapus
  26. setuju sama yogie! ada tambahan juga,
    Tiga senyawa metabolit sekunder telah berhasil
    diisolasi dan diidentifikasi dari bakteri tanah genus
    Streptomyces sp.

    bisa dibaca di jurnal.unsyiah.ac.id/JKH/article/download/925/861‎





    BalasHapus